Babinsa Koramil 05/X Koto Bersama Warga Bersihkan Tanaman Bawang Prei dan Seledri

7

Mentreng.com | X Koto – Babinsa Koramil 05/X Koto jajaran Kodim 0307/Tanah Datar, Serda Syafri Yeddi laksanakan pembersihan tanaman bawang prei 1.800 btg dan seledri 900 btg beserta 2 orang masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan tetap di lahan milik Bapak Datuk Saidi seluas 30 X 45 M di Jorong Subarang, Sabtu (14/05/2022).

Kegiatan itu merupakan salah satu tugas rutin Serda Syafri Yeddi selaku Babinsa untuk selalu melakukan pendampingan kepada petani demi terwujudnya swasembada pangan yang di programkan oleh Pemerintah.

Disamping melakukan pendampingan terhadap petani Serda Syafi Yeddi juga melakukan kerjasama dengan petani menanam Bawang Daun/Prei dilahan Bapak Yefrizal dengan sistim bagi hasil. Dengan memodali tanaman tersebut berdua.

Ini merupakan kerjasama yang baik antara Babinsa dengan petani, yang mana untuk menunjang perekonomian kedua belah pihak.

Pada kesempatan itu Serda Bobby mengatakan, tujuan dari pembersihan gulma ini adalah agar tanaman bawang daun bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan. Karena tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang daun/prei.

“Dengan bekerjasama antara Saya dengan petani bawang daun, kami juga dapat menggali ilmu tambahan bagaimana cara menghasilkan bawang daun yang baik serta hasil yang unggul, karena terkadang antara teori dan kondisi real dilapangan berbeda, terkadang pengaruh faktor cuaca, asupan air atau tanah,” tambahnya.

Bapak Yefrizal mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah mau membantu dan mau belajar cara menanam bawang daun serta cara menghasilkan tanaman bawang daun yang unggul, melalui kerjasama dengan ikut bertani bersama saya. “Semoga bermanfaat untuk masyarakat lainnya,” ujarnya Bapak Syaiful mendoakan.**

Komentar
BACA JUGA :  Dandim 0307/TD Bersama Forkopimda Tinjau Pelaksanaan Vaksin di Salimpaung