Babinsa Koramil 06/SGY Budidayakan 1.500 ekor Ikan Nila Bersama Warga

27

Mentreng.com | Sungayang – Tak hanya aktif terlibat dalam kegiatan sosial masyarakat dan menjalankan tugas, namun seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berdinas di Koramil 06/Sungayang jajaran Kodim 0307/Tanah Datar memanfaatkan waktu luang untuk membuka merambah usaha perikanan.

Dia adalah Serda Rudi Afriadi
bersama warga binaan Bapak Wilson melakukan kerjasama dalam membudidayakan sebanyak 1.500 ekor ikan nila dengan sistim bagi hasil.

Dalam pelaksanaan budidaYa ikan nila tersebut dibantu oleh dua orang masyarakat setempat yang tidak mempunyai pekerjaan tetap.

Membudidayakan 1.500 ekor ikan nila tersebut di di kolam milik Bapak Wilson seluas 6 X 10 M di Jorong Balai Gadang, Kamis (19/05/2022).

Dandim 0307/TD Letkol Inf Wisyudha Utama melalui Danramil 06/SGY Mayor Czi Muklis menuturkan bahwa, masa pemeliharaan budidaya ikan nila hingga bisa di panen membutuhkan waktu 3 sampai 4 bulan, dimana setiap harinya membutuhkan pakan 20 Kg.

“Dalam melaksanakan budidaya ikan nila, harus dilakukan dengan kedisplinan. Terkadang dalam proses budidaya terjadi sesuatu hal di luar dugaan yang mengharuskan kami untuk berpikir kreatif menanggulangi hal tidak terduga tersebut,”ujar Danramil.

Agar sukses membudidayakan menurutnya, harus menguasai dengan baik teknik operasional dan mengerti solusi yang terbaik saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kunci sukses lainnya adalah dengan terus memperbaiki kualitas ternak sehingga hasil yang didapatkan semakin lebih baik. Kualitas tersebut dapat diperbaiki dengan menambahkan berbagai inovasi yang sudah terbukti berhasil dilakukan oleh orang lain dan mengikuti perkembangan zaman,” terangnya.

Dia pun berharap agar usaha seperti itu dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, khususnya warga yang belum memiliki perkerjaan dalam meningkatkan perekonomian pendapatan keluarga melalui usaha mandiri, Ucap Danrami mengakhiri.**

Komentar
BACA JUGA :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid/Musala Al-Hidayah Asia Pasifik