Dandim 0307/TD Dampingi Wabup Acara Pembukaan Satu Event Satu Nagari Di Pandai Sikek

Mentreng.com | Tanah Datar – Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno,S.T.,M.I.P Dampingi Wakil Bupati Richi Aprian,SH.,MH Pembukaan Acara Event Pandai Sikek Festival yang digelar pada 27-28 Agustus 2022, bertempat di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (27/08/2022).

Penyelenggaraan satu Nagari satu event kali ini berlokasi di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Event Promosi Budaya ini akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu 27 – 28 Agustus 2022 akan mengangkat sejumlah kegiatan.

Adapun Rangkaian acara pada Pandai Sikek Festival yaitu Parade Seribu Songket, Makan Bajamba, Fashion Show, Kreasi Songket Pandai Sikek, Demo Ukiran Kayu, Kuliner Khas Pandai Sikek, Pentas Seni dan Budaya Anak Nagari, Lomba Fotografi dan Reels, Area Hortikultura, serta Lomba Kreasi Anak Nagari.

Antusiasme tidak hanya datang dari masyarakat lokal tetapi juga dari masyarakat luar yang tertarik untuk mengikuti perlombaan yang di selenggarakan selama Pandai Sikek Festival berlangsung.

Hal menarik dari Pandai Sikek Festival ini yaitu acara yang melibatkan masyarakat menggunakan pakaian tradisional khas Pandai Sikek dengan tajuk mamakai baju saisuak.

Mamakai baju saisuak ini di selenggarakan pada hari pasar Nagari Pandai Sikek yang bertepatan dengan acara Pandai Sikek Festival yaitu hari ke dua acara.

Di hari pasar tersebut direncanakan semua kalangan baik penjual maupun pembeli di wajibkan menggunakan baju tradisional atau baju saisuak.

Pandai Sikek Festival bertujuan untuk membuat Nagari Pandai Sikek menjadi Nagari Wisata dan mengenalkan aspek sosial, budaya, ekonomi serta beberapa produk unggulan yang dimiliki Nagari Pandai Sikek khususnya songket, ukiran kayu dan agrowisata yang ada di Nagari Pandai Sikek.

BACA JUGA :  Sepakati Edukasi Literasi Hukum Adat, STIH PM Mou Bersama MAAM

Selain itu Pandai Sikek Festival bisa membangkitkan semangat anak nagari dalam pelestarian seni dan budaya.

Dengan adanya festival ini diharapkan produk-produk dan budaya khas Pandai Sikek bisa lebih dikenal masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia tapi juga dikenal oleh masyarakat internasional. (Pendim 0307/TD)

Komentar
Print Friendly, PDF & Email