Dandim 0307/TD Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor Se-Kabupaten Tanah Datar

209
Mentreng.com  |  Sumatera Barat – Telah berlangsung kegiatan rapat koordinasi lintas sektor di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, dalam rangka guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada remaja dan pembentukan posyandu di Nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Pada hari Senin tanggal 02 Desember 2019 pukul 10.00 wib bertempat di Hotel Emersia Batusangkar, Jalan Hamka, Jorong Parak Juar Nagari Baringin kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.
Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Kesehatan dr. YESRITA ZEDRIANIS M.KES. Dandim 0307/TD yang di wakili Kasdim Mayor inf Munawar, Kapolres Tanah Datar di wakili AKP M. Eka P, Kepala Baperlitbang yang di wakili, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang di wakili, Kepala Kemenag Tanah Datar yang di wakili, Kepala Dinas Sosial dan PPPA, Kepala Dinas PMDPPKB, Kepala Dinas Pertanian atau yang mewakili, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Kepala Dinas Koperindag, Ketua PPK, Ketua Bundo Kanduang, Kabag Kesra, Ketua P2TP2A Tanah Datar, Camat se Kabupaten Tanah Datar
Sambutan Kadis Kesehatan dr.Yesrita Zedrianis,M.Kes Menyampaikan, bahwa ada 602 posyandu dengan 3.020 kader yang tersebar di 75 n
Nagari, semuanya aktif dalam melayani masyarakat terutama terhadap perkembangan dan kesehatan remaja dan anak-anak.
Kesehatan merupakan hak bagi setiap warga Negara dan juga sebuah kewajiban Pemerintah untuk memenuhinya.
Jangan sampai masyarakat kita kesehatannya belum maksimal, untuk itu perlu adanya kolaborasi antara pemberdayaan dengan keberdayaan masyarakat.
Di kabupaten Tanah Datar khusus untuk posyandu anggarannya tidak seberapa, namun gaungnya sampai di nagari-nagari sangat luar biasa. Ini dikarenakan semangat dari para kadernya yang sangat luar biasa dalam mewujudkan kesehatan bagi masyarakat.
Kami dalam waktu dekat akan turun ke wilayah untuk mengetahui sejauh mana manfaat yang ditimbulkan terhadap masyarakat serta dukungan masyarakat terhadap keberadaan posyandu  dan bagaimana penanganan nya. Ucap Yesrita.
Nagari harus juga selalu memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan remaja di wilayah nya dan keberadaan posyandu dengan melakukan berbagai pembinaan melalui PKK Nagari. Pembinaan dari pokja 4 menyangkut bidang kesehatan, sedangkan dari pokja 2 menyangkut bidang pendidikan. Kata Yesrita.
Dari hasil rapat masih di temukan adanya kegiatan para remaja di beberapa wilayah yang terindikasi merusak masa depan sendiri. Dengan di temukannya beberapa kasus anak yang masih duduk di bangku sekolah yang menyayat tangan nya dengan benda tajam. Penting nya peran orang tua dalam mendidik anak-anak nya di luar lingkungan sekolah.
Dilanjutkan dengan kegiatan diskusi.
Pukul 12.30 wib kegiatan rapat koordinasi lintas sektor di lingkungan Pemerintah se Kabupaten Tanah Datar selesai.
Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman.(*)
Editor : Meriyanto
Komentar
BACA JUGA :  Kabareskrim Polri: Sikat Hoaks, Kawal dan Dorong Penyerapan Anggaran dan Belanja Daerah