Danramil 02/LK Dampingi Bupati Eka Putra Panen Perdana Ikan Nila Menggunakan Teknologi Baru

13

Mentreng.com | Lima Kaum – Danramil 02/Lima Kaum Kapten Inf Imam Mashari dampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra melaksanakan Panen Perdana Ikan Nila menggunakan teknologi baru yang di kelola oleh Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Barokiah Jorong Koto Gadih Kecamatan Lima Kaum, Jum’at (08/10/2021).

Panen perdana ikan Nila hasil Budidaya Pokdakan Barokiah ini dilakukan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar, Ir. Helmi, Danramil 02/LK Kapten Imam Mashari, kepala OPD terkait dan Wali Nagari Limo Kaum beserta masyarakat setempat.

Dari laporan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Ir. Hilmi mengatakan, Pokdakan Barokiah di Koto Gadih Nagari Limo Kaum ini merupakan salah satu kelompok percontohan yang bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar yang berhasil dalam budidaya ikan nila dengan memakai teknologi baru.

Program percontohan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi baru kepada peternak ikan yang akan menghasilkan produksi dan cara beternak ikan yang baik.

Terdapat 6 kelompok Pokdakan yang menjadi percontohan di Tanah Datar dan untuk percontohan ikan Nila Pokdakan Barokiah berhasil melakukan panen perdana pada hari ini, katanya.

Hasilnya panen ikan jenis nila menggunakan sestem dan alat teknologi baru ini di Pokdakan Barokiah menghasilkan 4 (empat) ekor ikan nila setiap kilonya dalam jangka waktu 4 bulan, ungkap Hilmi.

Dijelaskan bahwa, setiap Pokdakan untuk program percontohan pemerintah memberikan bantuan paket berupa benih ikan, makanan ikan, peralatan budidaya untuk setiap kelompok. Jelasnya.

Sementara itu Ketua kelompok tani ikan Barakiah, Mayendra dalam laporannya menyampaikan terima kasihnya kerena Pokdakan Barokiah ini mendapat kepercayaan untuk percontohan budidaya ikan nila dengan menggunakan teknologi baru dan hasilnya sangat memuaskan.

BACA JUGA :  Ketua LMP Sumbar Berkunjung dan Silaturahmi Dengan Wahyu IP Di Tanah Datar

Bupati Tanah Datar, Eka Putra pada acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai perhatian yang besar dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Ditambahkan, salah satunya yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ungkap Bupati

“Sekarang ini petani budidaya sudah dapat menggunakan teknologi yang canggih yang mempermudah dan mempercepat produksi sehingga menjanjikan untuk meningkatkan perrumbuha. Ekonomi masyarakat petani ikan, jelasnya lagi.

Dikatakan Beternak ikan sangat menjanjikan karena ikan merupakan makanan sehat dan tidak beresiko serta mudah dimasak dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sehingga produksi ikan mudah dipasarkan.

Menurut Bupati, Pokdakan Barokiah ini patut menjadi contoh peternak ikan lainnya di tanah Datar karena sudah berhasil berproduksi dengan menggunakan sistem dan teknologi yang baru. Tambahnya.**

Komentar