Diduga Tanggul Jebol Akibatkan Air Melindas Sawah Masyarakat

34

Mentreng.com | Pagaruyung – ditempat lahan yang akan dibangunya sebuah komplek perumahan yang terletak di Belakang Mesjid Baiturrahman Jorong Balai Janggo Nagari Pagaruyung. Telah terjadi kebanjiran yang di “Duga” dari sebuah tempat genangan air yang selama ini mengendap dan telah melebihi kapasitas debet air yang terlalu banyak, akhirnya membuat tanggul dan saluran rusak, maka terjadilah banjir yang melanda sawah dan kolam ikan warga dibawa hanyut oleh air tersebut, Minggu (10/10/2021).

Menurut keterangan warga sekitar dan pemilik sawah MM mengatakan, selama ini saya sudah peringatkan kepada depeloper perumahan tersebut bahwa pekerjaan saluran serta dam yang dibuat tidak sesuai dengan ketentuan. Karena saya melihat kalau terjadi hujan lebat maka debet air akan melebihi kapasitas. Sementara Dam yang dibangun kopornya dangkal. Setelah itu saluran irigasinya juga kecil dan masih memakai saluran yang punya sawah, ungkap MM kepada media ini.

Dikatakan lagi akibat meluapnya air dari tempat perumahan tersebut sawah saya yang akan ditanam sudah rata antara pematang dengan sawah, katanya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup
Ten Feri ST. Yang disapa akrab Teten melalui telepon selular mengatakan, telah menghubungi pihak depeloper dan akan menyelesaikan saluran air yang tersumbat mengakibatkan air sampai menggenangi jalan umum tersebut.

Sampai pukul 17.30 Wib Air masih menggenangi jalan lingkar Balai Janggo menuju Kapuah.**

Komentar
BACA JUGA :  Akibat Hujan Lebat Pohon Tumbang