Kilas Balik Film Layar Lebar Anak Indonesia, Film ” Bus Om Bebek” Suksesor Berikutnya

12

Mentreng.com  | JAKARTA, INAKO – Film layar lebar anak anak saat ini hampir dipastikan jarang kita dengar. Sejak Film “Petualangan Sherina” di tahun 2000, nyaris tidak ada kehadiran film anak anak yang berkualitas yang bisa menyamaimya.

Namun, kali ini kabar baik datang khususnya bagi anak anak milenial. Sempat tertunda 2 tahun. Film bertajuk BUS OM BEBEK yang berada di bawah naungan rumah produksi Smaradana Pro. Film garapan sutradara Aditya Gumay itu akhirnya dipastikan tayang mulai mendatang. Film Ini digadang-gadang sebagai suksesor film anak anak berikutnya.

Untung saja, masih ada nama Aditya Gumay bersama rekannya Ozan Ruz yang masih mau memproduksi film anak anak bertajuk “Bus Om Bebek”. Aditya memang sejak puluhan tahun lalu dikenal dengan dunia anak anak lewat sanggar Ananda yang didirikannya. Dan Ozan Ruz merupakan salah satu anggota Sanggar Ananda yang diberi kesempatan untuk naik kelas menjadi sutradara dan penulis skenario bersama sama dengan Ozan Ruz.

” Film Bus Om Bebek adalah debut pertama saya menggarap sebuah film layar lebar bersama Aditya Gumay yang memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada saya dalam menerapkan treatment Penyutradaraan yang tepat secara visual dan adegan yang membuat film Bus Om Bebek ini menjadi tontonan yang menarik bagi anak – anak seperti pencapaian yang di harapkan sosok Aditya Gumay, tidak hanya itu melalui treatment, membuat saya ikut terlibat dalam penulisan skenario dan juga sebagai editor film Bus Om Bebek, Atas kepercayaan yg di berikan kolaborasi ini pun berjalan dengan baik sampai akhir poses shooting ” ujarnya Aditya.

Kesempatan dan debut awal ini sangat berkesan bagi saya, selain tantangan menggarap film anak, namun kolaborasi bersama sosok yang sudah membuka jendela creativitas saya melalui kegiatan teater dan sanggar ananda kawula muda ,yang saya geluti pada tahun 2007- 2010 ini menjadi moment penting dalam melangkah menjadi seorang sutradara.

BACA JUGA :  Refleksi HUT Kemerdekaan RI ke-75 Dimata Komjen Pol Agus Andrianto

Ozan Ruz menambahkan, untuk itu, ini sebuah kesempatan yang luar biasa yang sangat saya syukuri atas kepercayaan yang di berikan, agar saya dapat mengawali debut dalam menyutradarai film layar lebar , berawal dari film Anak memiliki arti tersendiri bagi saya, makna sebuah langkah awal, yaaa… menjadi awal dalam perjalanan untuk memiliki karya – karya film berikut nya.

Film Bus Om Bebek

Adalah film yang menggambarkan keceriaan anak anak. Dengan kepolosan mereka, setiap anak bebas menentukan segala bentuk cita – cita yang mereka mau .

Namun film ini juga memperlihatkan rasa kepeduliaan anak terhadap apa yg sedang di alami orang lain.

Begitu banyak hal yang mengedukasi anak pada film ini dengan sajian yang begitu ringan bagi anak – anak , ini lah yang menjadi motivasi besar saya dalam berjuang bersama menggarap film musical anak ini .

Cerita yang di awalai oleh Peristiwa om bebek sosok supir bus ( di perankan oleh Azis Gagap ) yang kerap mengantar anak ke sekolah, harus mengalami masa pensiun pun mengalami masa yang teragis dimana Bus sekolah yang ia kendarai di bajak oleh seseorang dan seluruh anak – anak di jadikan sandera untuk meminta uang tebusan

Konflik yang di sajikan dengan genre komedi ini pun sangat menuai tantangan bagi kami dalam memikirkan setiap adegan yang mengantarkan anak – anak untuk berpetualang menghindari kejaran dari sang penculik di alam yang luas, al hasil film musical anak ini tidak hanya memiliki unsur komedi namun unsur action dengan kunfu komedi yang melibatkan atiek kanser dan Ricky Cuaca terlihat adu kekuatan ini membuat anak – anak tertawa melihat aksi tersebut, tidak hanya itu sekolompok anak yang terjebak dirumah gubuk di tengah hutan memiliki unsur treatment horor melengkapi keseruan cerita hingga muncul sosok Robot animasi Toba yang tokoh super hero idola yang selalu ada dalam imajinasi anak yang sedang ikut terjebak di dalam hutan.

BACA JUGA :  Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi : Cukup Sudah Kekerasan Di Papua

Untuk itu kami mengucapkan terimakasih yang besar kepada Evod Studio yang sudah mendukung dan menghadirkan tokoh robot bernama Toba pada Film Bus Om Bebek .

Di film ini kita dapat melihat karakter anak dgn berbagai macam cita cita nya yang dimana mereka begitu mensyukuri alam yang indah saat bebergai peristiwa yg mereka lami, bersama alam mereka dapat tumbuh menjadi anak yang pemberani

Melalui keberanian, menjadikan anak indonesia mampu tumbuh untuk mengejar cita cita yang mereka inginkan . Inilah film Bud Om Bebek

Kitaa semua harus mendukung film Bus Om Bebek agar kita mampu mengantar anak – anak untuk melihat dan menoton film yang di kemas menarik untuk mereka pahami, hingga mereka mendapatkan inspirasi dari tujuan film ini di hadirkan.

Sementara itu Aditya Gumay mengakui bahwa Film Bus Om Bebek yang secara resmi baru akan tayang tanggal 6 januari tahun 2022, mengatakan bahwa film Bus om Bebek ini dikerjakan dengan mencurahkan segenap kemampuan yang dia miliki. “Terutama sekali meyakinkan para mitra untuk mau berinvestasi di film ini. Sebab investasi yang mereka berikan bukan hanya dalam bentuk materi, tapi juga nilai nilai edukasi yang bakal tertanam lama di benak penonton anak anak” kata Aditya.

Dengan segala keterbatasan yang ada, dan protokol kesehatan yang tetap ditegakkan, Premiere film Bus Om Bebek berjalan dengan lancar.

Para penonton mengaku sangat antusias menyambut lahirnya karya yang luar biasa ini . Mereka juga ikut mendukung Film ini agar bisa menjadi awal kembali bangkitnya tontonan anak yang berkualitas dan menghibur di tengah tengah kita

Aditya Gumay dan Ozan Ruz berharap film ini bisa menjadi pioneer bangkitnya film anak yang berkualitas di dunia perfilman Indonesia. (**/mi)

Komentar