Mustaqim Nurdin Waspadai Perubahan Cuaca, Sering Terserang Jamur bibit ikan lele

34

Mentreng.com  |  Lhokseumawe – Jelang Musim penghujan sejumlah pengusaha ikan lele waspada, pasalnya, Sering penggantian musim biasanya berdampak pada tingkat ketahanan ikan lele, salah satunya proses pembibitan lele.

Cuaca yang tidak menentukan berdampak kualitas air yang berubah rubah dan menyebabkan dampak stres pada ikan. Hari ini membuat Mustaqim Nurdin warga desa Lhokseumawe Gampong Teumpok Teugeuh waspada terhadap bibit ikan lele ternaknya.

Pagi pagi dirinya harus mengganti air di kolamnya agar menjaga kualitas air pada bibit ikan lele, sehingga air tak terlalu asam yang membuat ikan terserang penyakit Kalau masuk pergantian cuaca ini memang untuk budidaya bibit ini membutuhkan Perhatian lebih. Ungkap Mustaqim.

Tidak hanya mengantikan air saja, mengunakan sapu dirinya membersihkan sisa sisa makanan dan kotoran di dalam kolam, dengan perlahan biar ikan tidak mengalami stres dalam situasi pembersihan nampak kolam semakin bersih dan jernih.

Tak lupa pria yang berusaha 24 tahun ini memberikan obat anti jamur pada kolamnya sehingga bibit ikan lele terjaga dari jamur yang ada di kolam tersebut, kalau sudah terkenak jamur di kolam sehingga bibit ikan lele terjaga dengan baik. Kalau ada yang sudah kenak jamur satu bisa cepat menular ke yang lain lain. Katanya

Untuk mengatasi, ikan yang sudah terkenak jamur dirinya segera memisahkan ikan yang terserang jamur dengan begitu, dengan begitu ikan yang terkenak jamur tidak menyerang ke ikan yang lain dengan cara ini meminimalisir kematian pada ikan apabila tidak kita segerakan pindah maka bibit ikan lele bisa mengalami kematian semuanya.

Terlebih lagi, bibit ikan lele milik Mustaqim Nurdin beberapa hari lagi akan segera panen dirinya akan memprediksikan segera panen pada dua atau empat Minggu lagi sehingga ikan harus benar benar harus di jaga dengan baik, kalau cuaca seperti ini memang cukup waswas, pernah mau panen ikannya pada mati Semua sehingga benar benar di jaga bibitnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 04/LB Selalu Mensosialisasikan Protokol Kesehatan Pada Masyarakat

Untuk ikan lele milik Mustaqim Nurdin saat ini masih berukuran 2 atau 3 sentimeter (cm) bibit siap di jual apabila berukuran 4 cm biasanya di ambil oleh pelanggan sekitaran 5 cm katanya.

Untuk harga Mustaqim mengikuti harga pasaran yang ada tapih menurut nya, apabila di musim seperti ini harga bibit sangat bagus karena banyak yang membutuhkan akan tetapi untuk pembibitan akan sulit di lakukan biasanya kalau mahal mahal bibit ukuran 5 cm di harga sekitar 150 rupiah per ekornya pungkasnya Mustaqim (**/RM)

Komentar