Penobatan Datuk 50 dan Pengukuhan Perangkat Datuk 50 IKBKD50KSSI

73

Mentreng.com | Kepri – Daulat Yang Dipertuan Pangulu Rajo Alam Pagaruyung Darul Qoror menghadiri Acara Penobatan Datuk 50 dan Pengukuhan Perangkat Datuk 50 IKBKD50KSSI Kota Dumai, Sabtu (19/03/2022) di Lembaga Adat Melayu (LAMR) Jalan Putri Tujuh Kota Dumai.

Sekilas kronologis bertemunya garis keturunan di Pagaruyung. Sebelum dinobatkan DR.M.H.JUSUF.SH.MH menjdai Sri Junungan 50 mengutus salahseorang yang bernama Julia Kasmihaten,ST bersama Suhaimi untuk menelusuri dimana aslinya Sondi Kerajaan Raja Alam Pagaruyung yang sebenarnya.

Setelah mendapat informasi yang akurat dan menemukan bukti-bukti serta fakta-fakta yang mendukung, maka diterapkanlah di Rumah Gadang Sondi Rajo Alam Kampuang Dalam Jorong Gudam Nagari Pagaruyung Kevamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.

Dengan berbekal informasi serta bukti dan fakta yang ditemukan mereka pulang ke Dumai membawa informasi ini kepada DR.H.M.Jusuf,SH.MH atau Datuk Pucuk Sri Junjungan 50 yang berada dalam Ikatan Keluarga Besar Keturunan Datuk Lima Pulih Kesultanan Siak Sri Indra Pura (IKBKD50KSSI) Pusat Kota Dumai.

Pada Hari Sabtu tanggal 19 Maret 2022 dilaksanalan penganugerahan gelar DR.H.M.JUSUF.SH.MH Sebagai Sri Junjungan 50 di Lembaga Adat Melalyu Kota Dumai. Penobatan tersebut berjalan sangat khidmat dan dihadiri oleh para kesultanan yang ada di Kepri.

Pada waktu itu terkhusus undangan untuk moyang waris dari Sondi Rajo Alam Pagaruyung yakninya Yang Dioertuan Pangulu Rajo Alam Pagarruyung Darul Qoror beserta Bundo Kanduang dari Sondi Rajo Alam Pagarruyung. Serta Dubalang dan Dayang-Dayang yang mengiringi Bundo Kanduang.

Terkhusus Pangulu Rajo Alam di Dampingi Dubalang serta berpayung Kuning menuju Lembaga Adat Melayu tersebut.

Tidak lupa pula undangan khusus Mande Rubiah dari Lunang Kerajaan Indra Pura Pesisir Selatan Sumatera Barat.

DR.H.M. JUSUF ,SH.,MH Datuk Sri Junjungan 50 menguvapjan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pangulu Rajo Alam Dan Bundo Kanduang Serta Mande Rubiah yang sudah berkenan datang menghadiri acara pengukuhan gelar ini.

BACA JUGA :  "KULIAH SUBUH KU"

“Saya Atas Nama Pribadi dan seluruh panglima dan anggota IKBKD50KSSI Kota Dumai yang telah dilantik pada hari ini, menjadi kehormatan yang sangat tinggi bagi kami dengan hadirnya nenek muyang kami Pangulu Rajo Alam dan Bundo Kanduang serta Mande Rubiah daei Kerajaan Indra Pura”, ucap Datuk Sri Junjungan 50.

Pada kesempayan itu Pangulu Rajo Alam Pagarruyung mengatakan “bahwa semua kerajaan yang ada di kepulauan Riau adalah Sapiah Balah Kuduang Karatan dari Kerajaan Pagarruyung. Apaun kegiatan adat yang dilaksanakan harus memberitahukan kepada Pangulu Rajo Alam Pagarruyung. Seandainya tidak diberitahu semua kegiatan akan menjadi kualat dengan isrilah ” Ka ataeh Indak Bapucuak Ka bawah Indak Baurek Ditangah-tangah Digiriak Kumbang. Sabantuak Karakok Tumbuah Dibatu Iduik Sagan Mati Indak Namua”, tegas Pangulu Rajo Alam Pagarruyung.

Hadir dalam acara tersebut :
Pangulu Rajo Alam Pagaruyung, Gubernur Riau, Bupati Tanah Datar sebagai Kerabat Datuk 50, Wali Kota Dumai serta Pejabat Jajaran Kota Dumai, Ketua IKTD Dumai, Ketua DPR Kota Dumai serta Para Sultan kerabat dari Datuk 50.(Tim)

Komentar