Pesan Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke Untuk Jurnalis Warga

230

Salam PPWI..!!!

Mentreng.com | Jakarta – Selamat bertemu kembali, semoga semua warga dalam keadaan sehat wal afiat selalu. Berikut adalah pesan-pesan dari Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga (PPWI), Wilson Lalengke, untuk menjadi masukan dan referensi bagi seluruh pewarta warga atau jurnalis warga, khususnya yang tergabung di organisasi PPWI, di manapun berada. Semoga bermanfaat bagi semua.

Tetap semangat, jaya selalu PPWI..!!!

Yang pertama adalah kasus penembakan rekan wartawan Mara Salim Harahap (Marsal) dan yang kedua adalah pernyataan kontrofersial dari Bupati Bogor, terkait dengan wartawan Bodrek Wartawan abal-abal dan sebagainya.

Khusus kepada warga PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia), Wison Lalengke mengingatkan beberapa hal.

Yang pertama adalah terkait dengan keselamatan kerja, Wilson selalu mengingatkan agar keselamatan diri adalah yang utama dibandingkan dengan pemberitaan atau informasi yang kita kejar. Oleh karena itu selalu siapkan diri atau kita harus siapkan diri dalam mencari informsi dengan resiko yang akan kita hadapi.

Yang kedua adalah hasil dari pemberitaan kita kepada publik benar-benar bisa dipertanggung jawabkan, sesuai dengan data, fakta, informasi dan nara sumber yang tersedia dan selengkap mungkin. Semua ini akan membuat kita lebih aman ketika kita membuat pemberitaan di publik.

Yang ke tiga agar kita melaksanakan tugas jurnalistik itu secara bersama-sama. Karena PPWI itu adalah sebuah gerakan silaturahmi. Artinya ketika kita memberikan dukungan dalam pemberitaan kita perlu gotong royong. Sehingga sebuah berita perlu kita viralkan atau kita muat di media kita PPWI Media Grup. Ketika memberikan dukungan dalam pemberitaan maka Kita perlu gotong royong. Agar karya jurnalistik itu mempunyai kekuatan.

Ketika ada komplin atau ada serangan dari yang diberitakan, maka kita bisa menghadapinya bersama-sama. Agar kita tidak mudah diserang oleh pihak yang komplin. Kalau kita kompak dalam pemberitaan maka kita akan bisa bersama-sama menghadapi pihak yang komplin, ucap Wilson.

BACA JUGA :  Ketua KPK Diadukan Soal Heli, Kabareskrim Minta Polri Tak Ditarik-tarik

Yang ke empat adalah kita ini membangun peradapan, membangun bangsa dan membangun peradaban kita sesuai dengan visi dan misi PPWI. Visi kita adalah mewujudkan masyarakat cerdas dalam menerima informasi serta cerdas dalam menyampaikan informasi. Artinya sebelum berita dipublikasikan harus di filter dahulu, seperti sebuah berita itu baik untuk diri sendiri dan keluarga, baik untuk negara dan bangsa, kalau sudah di filter maka berita tersebut sudah lolos untuk di publikasikan. Dari sanalah kita berpijak untuk mewujudkan visi dan misi PPWI, tutur Ketua Umum PPWI ini.

Selamat bertugas dan berkarya, jaga diri dan jaga kesehatan. Jangan lupa selalu patuhi disiplin protokol kesehatan dalam menjalankan tugas jurnalistik, karena covid-19 ada disekitar kita.**

Komentar