Sepakati Edukasi Literasi Hukum Adat, STIH PM Mou Bersama MAAM

Mentreng.com | Payakumbuh – Mahkamah Adat Alam Minangkabau yang akrab disebut MAAM, sepakat mengadakan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Putri Maharaja yang dilaksanakan di Aula kampus STIH PM, jln Inai Belakang Pengadilan Agama, kubu gadang koto nan IV, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Kamis, (25/08/2022).

Penandatanganan MOU / Nota Kesepahaman dari MAAM ditandatangani ketua umum MPT MAAM, Ipda Yosrizal SH, Angku Datuk Srimaharajo Bamego-mego, yang didampingi Imam LMT MAAM Tengku Irwansyah SH Angku Datuk Katumangguangan beserta jajaran pengurus MAAM, sedangkan pihak STIH PM langsung dipimpin ketua DR, Eviandi Ibrahim, SH,M.Hum didampingi para pimpinan STIH PM.

Dalam sambutannya ketua STIH PM menegaskan bahwa MOU ini merupakan suatu keharusan lembaga pendidikan tinggi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan kesepakatan dengan MAAM tentu bisa menjadikan STIH PM memiliki spesifikasi keilmuan yang khusus tentang keminangkabauan, maka disepakati bersama yakni dalam bidang pendidikan, penelitian, peningkatan literasi adat dan edukasi hukum adat Minangkabau dan kualitas sumber daya manusia serta kegiatan lain yang disepakati bersama MAAM, Ujar Ketua.

Dilain pihak Ketua Umum MPT MAAM menjelaskan bahwa dalam Mahkamah Adat Alam Minangkabau memiliki sistem berorganisasi yang terdiri dari Limbago Majelis Tinggi yang merupakan instrumen adat warih bajawek turun temurun dan Majelis Pimpinan Tinggi selaku organisatoris yang menjalankan tugas organisasi atas arahan dari Limbago Majelis Tinggi Mahkamah Adat Alam Minangkabau, sehingga MOU dengan STIH PM, merupakan program kerja yang sesuai dengan AD/ART MAAM, dan sebelum dengan STIH, MAAM juga pernah MOU dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa dalam bidang edukasi Ekonomi Adat berbasis Syariah ujar Angku.

DR. Edi Rosman Angku Malin Cayo selaku wakil ketua MAAM bidang Yudisial, berharap agar MOU antara MAAM dengan STIH PM ini bisa menjadi wadah alternatif untuk membantu edukasi dan pendampingan hukum bagi masyarakat hukum adat Minangkabau khususnya di Sumatera Barat ujar Malin. (**)

Komentar
Print Friendly, PDF & Email
BACA JUGA :  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW TH 1442H/2020M Bersama Prajurit,ASN dan Persit Kodim 0307/Tanah Datar